Internasional

Menghilang 21 Hari, Kim Jong Un Muncul ke Publik

Menghilang 21 Hari, Kim Jong Un Muncul ke Publik
Kim Jong Un (int)

SERAMBIRIAU.COM – Sosok kontoversial Presiden Korea Utara, Kim Jong Un akhirnya muncul dihadapan publik setelah dirinya menghilang selama 21 hari. Selama itu pula ada banyak asusmsi yang beredar tentang keberadaan dan kondisi Kim.

Kehadirannya di publik kali ini untuk memotong pita dalam peresmian sebuah pabrik pupuk. Terakhir kali Kim menyapa warganya di Korut pada 11 April 2020 lalu. NK News melaporkan, Kim dengan pengikutnya inspeksi ke pabrik itu dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional

Kim ditemani adik perempuannya, Kim Yo-jong dan juga pejabat tinggi Korut, Pak Pong-ju, Kim Dok-hun, Pak Thae-song, dan Jo Yong Won, kata radio pemerintah itu. Kunjungan Kim ke pabrik itu disambut gegap gempita para hadirin yang menyambutnya dengan teriakan ‘horee!’, kata laporan media pemerintah KCNA.

Mengutip Merdeka.com, spekulasi terhadap kehilangan Kim dalam sepekan belakangan. Dia tidak hadir dalam hari kelahiran kakeknya, pendiri Korut–Kim Il-sung–pada 15 April. Dia juga dilaporkan baru menjalani operasi jantung. Berbagai media internasional kemudian menyoroti kondisi kesehatan Kim, sebagian bahkan menyebut dia sudah meninggal. (bpc)

 

#Internasional

Index

Berita Lainnya

Index